PERMAINAN
Tidak hanya keseriusan akan
tetapi permainan.Bukti-bukti yang falit dan juga akurat telah ditemukan oleh
para ahli kesehatan dan kejiwaan tentang konsep positif dan manfaat yang
ditimbulkan oleh Ketwa(tertawa),bersikap tenang,permaianan dan humor. Tentunya
juga ada kalanya kita harus bersikap serius dalam waktu-waktu tertentu akan
tetapi sikap serius janganlah terlalu di jalankan sampai berlarut-larut serius
boleh akan tetapi harus diselingi oleh kegiatan-kegiatan yang lain yang
bersifat menghibur. Banyak penelitian yang mengatakan berserius yang berlebihan
akan berdampak pada kejiwaan dan berdampak pada lingkungan serta bermuatan
nilai negative.
Seperti lima kecerdasan yang
lain permainan merupakan kecerdasan yang timbul dari baying-bayang ketidak
seriusan dan mengambil sebuah tempat dari pusat perhatian. Homo ludens (manusia
yang bermain) terbukti sama efektifnya dengan homo sapiens (manusia mengetahui)
dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Permainan menjadi bagian yang penting
dari sebuah pekerjaan, Bisnis dan kesejahteraan pribadi kebermaknaanya
mewujudkan diri pada tiga hal yaitu permainan,Humor dan kesenangan
Permaiana: Khusnya permainan
game computer/video game/play station menjadikan sebuah komuditi industry bedar
dan berpengaruh yang mengajarkan pelajaran-pelajaran yang menggunakan otak yang
utuh kepada para pelanggannya dan merekrut genarasi baru yang berani dan
trampil dalam menggunakan otaknya yang utuh.
Humor : memperlihatkan dirinya
sebagai pertanda yang akurat bagi efektifitas manajeral, kecerdasan emosional
dan gaya berpikir yang khas dari belahan otak sebelaah kanan, Orang yang pandai
berkelakar dan melontarkan cerita-cerita humor berarti dia emiliki tingkat
kecerdasan otak kanan yang lebih dibandingkan orang lain karena seseorang
berhumor nerarti dia telah menghidupkan daya imajenasi,simpatik,desain dan juga
emosionalnya ke dalam suatu perbuatan yang dapat mengundang refleksionalisasi
terhadap kesenanangan orang lain.
Kesenangan: dicontohkan dengan
ketawa yang tulus dan lepas mendemontrasikan kekuatan yang akan membuat kita
lebih produktif dan puas.
Cara untuk merangkan kecerdasan
ini adalah dengan
1. Carilah kelompok atau
kumuniti?kumpulan orang orang yang senang tertawa atau kelompok ketawa.
Tertawalah selagi anda bias
ketawa karena diyakini ketawa merupakan terapi melawan penyakit dengan cara
menghidupkan atau mengaktifkan hormone-hormon yang penting dlam tubuh kita.
Dengan ketawa kondisi stress dan problem yang kita hadapi biasa sejenak kita
kurangi beban sertakapasitasnya yang masuk dalam pikiran kita.atau kalau anda
mampu buatlah klup ketawa didaerah anda dengan pendaftaran serta free member.
Carilah sumber-sumber yang membuat kita ketawa seperti rekaman video lucu,
permaiana yang unik dan lucu atau kumpulan bayolan dari beberapa grup lawak!
Usahakan tertawa anda tulus dan lepas!
2. Amati kejadin-kejadian aneh
yang anda alami selama sehari, beri catatan khusus tentang kejadian lucu,
kejadian usil dan kejadian yang menarikbuat catatan dan ingat kejadian tersebut
dalam team anda atau kelompo kerja anda saling bertukar kelakar dan cerita
humor akan membuat suasana yang tenang dan senang!
3. Bermainlah sebuah Game dan
jalani hobby anda
Bermainlah sebuah game dikala
hati atau suasana tidak mengenakan, Pilihlah game-game yang memang menyenangkan
hati anda apabila anda bias larut dalam game tersebut berarti anda telah
mengasah tingkat kesenangan anda, catat beberapa hobi yang paling anda nikmati
ebtah menggambar, lukis, bermain music atau nyanyi! Usahakan salurkan hobi anda
di sela-sela kesibukan anda! Ada beberapa situs game yang terkenal:
Game spot ((www.game talk.com),game
zone (www.gamezone.com), Newsgaming (www.Newsgaming.com), Open directory
project video game (www.dmoz.org/games/video_games/full index.html), There
(situs game petualangan online)(www.there.com) dll
4. Kembalilah ke masa kecil
anda!
Mungkin ini suatu hal yang
secara rasional tidak akan terjadi atau kurang masuk akal,kita tidak mungkin
lagi balik ke masa kecil kita, cara terbaik untuk berhubungan dengan masa
kanak-kanak anda yang paling dalam adalah keluar untuk bermain. Cari
tempat-tempat yang suasananya mendekati dengan suasana pada saat anda masih
kanak-kanak seperti jalan-jalan ke sebuah taman kanak-kanak atau sekolahan yang
banyak terdapat anak-anak bermain perhatikan dengan cermat tingkah dan polah
mereka salah satu dari peristiwa yang anda perhatikan terebut pasti ada yang
menggugah anda untuk ikut atau pingin larut bermain dengan anak-anak tersebut
dan menggugah anda untuk tersenyum.atau anda bias mengunjungi ke panti asuhan
dan larut serta ikut larut dalam pernaibab mereka dan bayangkan bahwa pada saat
anda bermain umur anda sesuai atau seusia mereka.
5. Analisis sebuah Lelucon
Contohnya ada beberapa
pendeta,rahib dan biara wati masuk ke sebuah bar dan penjaga ber terheran-heran
dan bertanya”apakah ini lelocon?” jawabannya tentu saja Ia,nah alas an yang
menganggap ini sebagai lelucon itu apa?apa arti kelucuan ini atau apa yang buat
cerita ini lucu dan apakah ada makna dibalik lelucon yang terlontar ini.
Analisislah lelucon seperti model diatas dengan seksama,nyantai akan tetapi
esenialnya mengena, Tertawalah ketika lelucon itu lucu dan berpikirlah ubtuk
apa lelucon ini di buat dan apa tujuannya sang pengarangnya apakah Hanya untuk
menghibur atau ada misi lain!
6. Ciptakanlah karya humor yang
dapat memancing orang lain yang berupa cerita dan gambar!
Buatlah cerita atau alur sebuah
kisah yang mengandung unsure humor atau buatlah sebuah teka teki yang
jawabannya merupakan unsure dari humor coba buatlah sebanyak-banyaknya dan
koleksilah cerita atau gambar tersebut selam seminggu,dan bertekadlah meningkat
dari minggu ke minggu dan coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan buatlah
karya baru yang lucu!
No comments:
Post a Comment